Tuesday, October 14, 2008

Tip Memilih HP Second

Ingin ganti HP tapi doit dikit? Ya solusinya HP Second. HP Second jelas lebih murah dari HP baru. But kita harus cermat coz ada beberapa HP second.

1. HP second yang masih garansi resmi
HP ini umunya masih lengkap (dus, charger, buku manual, kartu garansi, handsfree, dll). HP biasanya berasal dari pemilik lg butuh doit, tidak puas dengan kemampuan HP stlh beli, ato emang pingin jual tuh hp (ganti yg lebih bagus kale...).

2. HP batangan
HP ini biasanya berasal dari HP bekas service yang ga diambil pemiliknya (rusak parah & harga servis mahal, so yg punya ga mo nebus ni HP) atau HP temuan atau HP curian (kalo HP jenis ini halal ga ya..????).

3. HP BM
BM disini artinya Black Market (pasar gelap gituloh, bukan pasar malem kaleee). HP BM adalah HP sendupan. HP ini biasanya ga punya garansi, kalo pun ada adalah garansi toko/distributor (kalo yg dikasih garansi distributor namanya GM / Grey Market).



Jika beli di toko, lebih baik beli HP yg paket penjualannya masih lengkap (walo sdikit mahal). Slaen itu HP lengkap lebih terjamin dan punya nilai jual kembali yang tinggi. Selain itu harus ekstra teliti, coz kalo ga hati2 HP bisa mendadak mati total setelah ampe dirumah).


Ne Aku kasih tips buat milih HP second yg berkualitas:
1. Tentuin tipe HP yang mo dibeli
Sblm pergi cari HP lebih baik kamu tentuin dulu tipe HP yang mo dibeli. Koran terbaru bisa bantu kamu dalam memilih tipe HP & doit yang harus disiapkan. So ini bisa hemat waktu kamu saat cari HP.

2. Survey kualitas
Ne saran tambahan jika kamu butuh produk yang berkualitas.
Coba deh cari info di internet or tanya tmen2/orang yang pernah pake tipe HP yang kamu inginin. Tanyain kepuasan selama pake, da masalah ga ma HP nya, mudah ga perawatannya. Kalo Q bisanya cari info di www.gsmarena.com , www.pintunet.com , atau di google-lin aja. So kita ga nyesel beli HP.

3. Saat di Counter (toko HP)
Kunjungin 2-3 conter HP untuk bandingin HP & harga, ga usah semua toko (jika perlu bandingkan dengan info dari harga di koran terbaru juga). Biasanya harga yg ditawarkan adalah harga rata-rata. Selain itu, kamu bisa dapat perbandingan kondisi dan kelengkapan HP dari beberapa conter.

Jika kamu sudah baca info HP second dari koran terbaru & punya banyak pulsa, kamu bisa telp dulu sebelum datang ke toko HP. Tanyain keadaan barang, garansi, kelengkapannya. Jika semua baik, baru kamu datang ke toko tersebut.


4. Cek kondisi Fisik HP
a. Casing & backbone
Cek fisik HP dari cacat. Gores ato lecet itu wajar. Misal lecet coz pengguna sebelumnya ga pernah pake sarung/kondom. Kalo casing HP terdapat lecet yang dalam ato penyok, brarti pernah jatuh tu HP. Untuk HP yang casingnya bisa diganti, akan sulit nemuin cacatnya, so harus ekstra hati-hati. Hindari juga cacat pada tulang HP (bagian HP neh sulit diganti).

b. LCD
Cek kaca pelindung LCD dari keretakan. Kadang benturan berakibat fungsi LCD jadi ga normal, misal beberapa pixel hilang (dead pixel). Tes kempuan LCD dengan buka warna galap & terang. Untuk HP dg layar sentuh, perhatikan permukaan layar sentuh dari goresan dalam dan tonjolan-tonjolan. Tap semua area layar pake stylus. Layar sentuh yang mulai rusak akan terlihat dari respon yang lambat & butuh tenaga ekstra untuk men-tap.

c. Servis
Untuk tahu kalo HP ini pernah diservice pa belum yaitu dengan buka casingnya. Cek apa masih ada stiker segel resmi (biasanya hologram) yang nempel di lubang baut.

d. Baterai
Kualitas baterai HP penting diperhatikan. Lakukan pengisian ulang sejenak untuk tes HP bisa di-charge ato tidak, pastikan port charger dari longgar ato aus. Coba gunain HP dg fitur yang nguras baterai (misal: telepon, denger mp3 sambil nge-game) untuk tau baterai drop ato tidak. Cek juga fisik baterai (jika fisik terlihat cembung/menggelembung, kmungkinan besar baterai sudah drop).

5. Cek Fungsi
Gunain HP untuk telp untuk bisa tahu kemampuan speaker dan loudspeaker (kalo ada). Fungsi mic bisa diketahui pake audio recording/video recording. Cek semua fungsi multimedia, mulai dari media player, kamera, FM radio, hingga koneksi (infrared, bluetooth, Wifi kalo ada).

Tuk cek keypad, gunain HP buat mengetik SMS. Cek pegas slider/flip clamshell (hindari HP slider/clamshell keluaran lama coz hpe ini punya kabel fleksibel dengan usia tertentu, semakin lama kabel fleksibel beresiko rusak).

Cek kualitas sinyal di HP second dengan sinyal di HP laen. Dalam kondisi normal, sinya HP akan terlihat penuh, but sinya naik turun kasih tanda kalo HP sudah tidak berfungsi baik. Lakuin pengecekan dengan menelepon teman, so teman bisa kasih tau gambaran kualitas sinyal HP tersebut.


6. Cek kelengkapan
Jika HP punya memori eksternal, cek memorinya (masih ori ato sudah diganti). Samain IMEI HP dengan IMEI pada dus & kartu garansi. Kelengkapan standar HP tertera dalam dus, pastiin semuanya ada.


7. Tawar Harga
Jangan lupa tawar harga. Manfaatin kondisi HP sebagai senjata untuk nawar, misal cacat fisik ato kelengkapan berkurang ato tidak ori. Penjual pasti kasih harga lebih tinggi dari modal yang dikeluarkan, so akan rugi jika ga nawar.

8. Garansi
Usahain dapat HP second yang masih garansi resmi. Jika garansi da abis, minta garansi toko dalam bentuk tertulis di nota. Penjual akan berani kasih garansi sampe hitungan bulan jika HP yang dijual dalam kondisi prima (kalo kasih garansi hitungan hari, kamu wajib curiga). Jangan takut mengambaliin HP yang da dibeli jika HP tidak sesuai dengan yang dijanjikan penjual (dengan nunjuin nota pembelian sebagai klaim garansi).


Semoga bermanfaat.

Sumber:
www.carihp.com
pengalaman_pribadi

2 comments:

Anonymous said...

Trimz atas ilmunya ya....

danasahabat.blogspot.com said...

HAI KAWAN ,SALAM KENAL MOHON MAAF SEBESAR BESAR NYA YAH,NUMPANG PROMOSI NIH HEHHEHE KALO ADA YANG MAU BELI HAPE HAPE NEW/ SECOND BERKUALITAS DAN BERGARANSI RESMI BISA PESAN DI BLOG INI,DI JAMIN AMAN DAN MURAH KARENA SUDAH TERMASUK ONGKOS KIRIM DAN BIAYA BIAYA PERALATAN KEAMANAN SEHINGGA BARANG LANCAR SAMPAI TUJUAN,CUKUP SMS SAJA MERK HP DAN LANGSUNG DI BALAS RINCIAN HARGANYA UP DATE TERUS TIAP HARI,.UNTUK KEJELASAN NYA BISA KUNJUNGI BLOG KU, ( FASHION88UNIK.BLOGSPOT.COM ), DAN BILA TIDAK ADA TIPE HP YANG DI INGINKAN DI BLOG SAYA,MAKA CUKUP SMS KAN SAJA TIPE DAN MERK HP YANG DI MINTA AKAN SAYA BALAS RINCIAN HARGANYA,WALAU HANYA ORDER SATU ATAU BERAPAPUN HARGANYA TETAP DI KIRIM ,DARI JADUL AMPE KE CANGGIH ADA ,"CHAIRUL SARTO UTOMO " 085859467928 ( ALAMAT LENGKAP ADA DI BLOG DAN TIDAK HANYA HAPE BARANG ELEKTRONIK ATAU APA SAJA BISA !! )