Tuesday, September 9, 2008

Jangan Berhenti Olahraga Saat Puasa

SELAMA berpuasa di siang hari, usahakan Anda tetap beraktivitas seperti biasa. Karena dengan beraktivitas, tubuh membutuhkan energi, dan karena tidak ada makanan yang masuk, maka energi tersebut didapat dari simpanan lemak di tubuh kita. Inilah alasan mengapa Anda bisa berdiet selama puasa.

Selain itu, puasa juga memberi kesempatan pada saluran pencernaan untuk berisitirahat selama 14 jam. Karena makanan yang harus dicerna berkurang, akibatnya saluran pencernaan menjadi lebih bersih dan tubuh pun terasa lebih bugar.

Apakah selama puasa Anda masih berolahraga? Walau asupannya berkurang, olahraga jangan berhenti. Jalan-jalan di seputar lingkungan rumah sehabis sahur atau shalat subuh tidak bisa menggantikan olahraga rutin Anda.

“Olahraga aerobik dengan intensitas ringan, berulang-ulang dalam waktu panjang seperti jalan cepat, jogging, bersepeda, atau berenang sangat baik untuk menurunkan berat badan,” kata dr Michael Triangto, SpKo dari Slim & Health Sports Therapy. Lakukan 2-3 kali seminggu selama 30 menit.

Waktu yang tepat untuk berolahraga sekitar satu jam sebelum berbuka sehingga ketika berkeringat, Anda bisa langsung minum. Kalori yang terbuang juga langsung digantikan saat buka puasa. Atau, Anda bisa berolahraga 2-3 jam setelah berbuka agar terhindar dari kekurangan cairan dan gula darah.

Perbanyak juga aktivitas selama puasa. Membersihkan rumah, memasak, jalan kaki, dan menyiram tanaman adalah kegiatan yang dapat membantu penurunan berat badan. Asalkan Anda disiplin menjalankan program, mendapatkan tubuh langsing saat Lebaran bukanlah hal yang mustahil.

[Ika Nurul Syifaa]

No comments: